twitter



Dalam bahasa Inggris Present Tense atau Simple Present Tense digunakan untuk menyatakan peristiwa atau kejadian, kegiatan, aktivitas dan sebagainya yang terjadi saat ini. Present Tense juga digunakan untuk menyatakan suatu Fakta, atau sesuatu yang tejadi berulang-ulang dimasa KINI. Ingat, PRESENT artinya adalah kini, sekarang.

Rumus :
(+) S + V1 (s/es)
(-) S + DO/DOES + NOT + V1
(?) DO/DOES + S + V1


Kalimat Positif Present Tense :
I drink coffee
She drinks coffe
We drink coffee

Ya, sengaja pelajaran Tense bahasa inggris ini dibuat simple aja biar cepet paham (ya kalo paham sii). Kamu perlu ngembangin sendiri misalnya dengan bikin 100 contoh sendiri. Pasti kamu perlu kamus juga, coz belajar tenses lalu mentok dengan suatu kata kerja maka biasanya tidak jadi, hehe..

Cara Membaca Rumus:

S artinya Subject,
V1 artinya Verb1 atau kata kerja bentuk pertama.
Garis miring artinya ya Atau dong !.

Kapan pakai S atau ES dan kapan tidak?
Kalau Subjectnya He, She, It, John, Mufli, Ellen atau Orang ketiga TUNGGAL maka kata kerjanya tambah S atau ES. Tidak sembarang tambah S atau ES juga nih, ada daftarnya. Daftarnya itu bayak sekali, kamu musti beli buku Grammar juga (kalo punya duit , kalo ga punya ya minjem aja ma temen yg punya). Belajar bahasa Inggris perlu modal, ga ada modal duit ya modal usaha , alias usaha minjem , tapi jangan usaha ngambil punya orang ya , dooosaaaa , hehe..

Di atas tadi ada istilah Orang Ketiga Tunggal, maksudnya gini: Orang ketiga adalah orang yang kita bicarakan, yang kita omongin. Sedangkan orang pertama ya yang bicara. Orang kedua lawan bicara. Tunggal ya satu. Jadi orang ketiga tunggal adalah orang yang kita bicarakan dan satu saja dia itu. Misalnya kita berdua ngomongin Ponijan. Yang ngomong saya, yang dengar kamu , yang dibicarakan Ponijan (orang ketiga tunggal). Faham ndak ?? Atau alo ibu" lagii pada ngerumpi , orang yg di omongin ntu lah yg disebut orang ketiga tunggal , alo dia cuma 1 orang tapi , alo ramean ya beda lagi nama na .

Ponijan belajar Tenses.
Ponijan learnS english.
Tidak bisa LearnES, mengapa? ya memang begitu!. Tetapi yang ini malah tambah ES:

Ponijan goES to School (tambah ES).


Kalimat Negatif Present Tense

Bentuk Negatif, artinya menyatakan TIDAK. Maka sesuai rumus Present Tense, setelah SUBJECT ditambah DO atau DOES, baru NOT, lalu tambah kata kerja bentuk pertama tanpa S atau ES lagi. S atau ES nya dimana? Sudah di doES tadi.

Untuk I, WE, YOU, THEY tambah DO
Untuk SHE, HE, IT, Mufli, Ellen tambah DOES

I do not drink coffee.
She does not drink coffee.
Ponijan does not learn english.

Coba perhatikan She does not drink coffee. Drink nya ga pake S lagi, pindah ke doES. Biasakan aja, Present Simple Tense ini kaya na rumit tapi alo faham so enak banget. Ulangi aja baca dari atas 10 kali lagi, biar meresap benar, hehe.. Bikin juga 10 contoh kamu sendiri dengan kata kerja yang berbeda. Yes, belajar bahasa Inggris tak boleh manja, harus aktif, baru akan bisa.


Kalimat Tanya Present Tense

Kalimat tanya untuk Present Tense sesuai rumus diatas, atau ana tulis lagi seperti ini:

Tanya: DO/DOES + S + V1

Sama saja pasangannya. Untuk I, WE, YOU, THEY gunakan DO. Untuk SHE, HE, IT, Yulis, Enda pake DOES. Contohnya begini:

(+) I drink coffee
(?) DO you drink cofee?

(?) She drinks coffe
(?) DOES She drink coffee?

Kalimat tanya kaya diatas disebut juga YES/NO Question. Coz jawabannya emang Yes atau No. Do You drink coffee? “Yes I do” jawabnya. Atau bisa bisa dijawab dengan lengkap: “Yes, I do drink coffee”. Dihilangkan DO nya juga boleh, jadi kalimat positif lagi: “Yes I drink coffee”.

Ya, memang benar kalau Present Tense ini lebih rumit dibandingkan dengan Present Continuous Tense karena tiba-tiba kok pake DO, eh untuk orang ketiga tunggal pakai DOES segala, hehe.. Kalau dalam Present Continuous Tense nanti tinggal dibalik doang.

Ngapain sih belajar ginian? Ya agar bahasa inggris Anda lebih terstruktur dan punya landasan kuat untuk belajar lebih lanjut nanti. Nah, kalau tadi kan Kalimat Tanya Present Tense yang jawabannya Yes atau No doang. Gimana kalau pertanyaan yang jawabannya panjang atau yang jawabannya kalimat? Yah, tinggal tambahkan saja When, Where, Why, Who, What, dsb di depannya.

Contohnya begini:
-When Do you drink coffee?
Contoh jawaban: I drink coffee everyday.

-What does she drink?
She drinks coffee la yau!

Gampang kan? Ya kan? hehe.. Kalau kamu sering praktekkan dalam bahasa inggris sehari-hari maka tentu saja akan terasa mudah. Silahkan berkreasi dengan kalimat-kalimat lamu dalam Present Tense ya.

0 komentar: