twitter


Langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam meningkatkan performa kinerja Cd-rom atau yang biasa disebut "Tweaking" adalah :

Drivers
Langkah pertama untuk dapat berhasil melakukan 'tweaking' adalah mendownload driver terbaru untuk peralatan tersebut. Untuk hal ini mungkin kalian bisa mencoba untuk mencarinya di Drivers Headquarters (http://www.drivershq.com/mainhome.html ). Lalu pilih link CD-ROM drives pada sebelah kiri dan dengan mudah kalian dapat menemukan driver yang dibutuhkan. Kebanyakan drive CD-ROM saat ini tidak membutuhkan driver lagi karena telah dapat dikenali langsung oleh Windows. Tapi melakukan update terhadap 'firmware' dapat memperbaiki bugs. Site tersebut juga menyediakan link untuk 'firmware'.

Mengaktifkan opsi DMA dan opsi lainnya.
Mengaktifkan opsi DMA (Direct Memory Access) tidak memberikan peningkatan kecepatan secara drastis, tapi akan meringkan beban dari CPU. Tapi sayangnya tidak semua CD-ROM dapat menggunakan opsi ini dengan baik, jadi hasilnya akan berbeda pada setiap CD-ROM. Setelah mengaktifkan opsi ini cobalah untuk menjalankan game untuk mencobanya. Jika berhasil maka hasil yang didapat adalah mempercepat waktu yang dibutuhkan untuk memulai pembacaan dan game akan tampak berjalan lebih cepat dari sebelumnya. Jika CD-ROM tidak berjalan dengan baik, maka sebaiknya kita menonaktifkan kembali opsi DMA tersebut.

Langkah-langkah untuk mengaktifkan opsi DMA pada CD-ROM :

Klik kanan pada My Computer pada desktop, lalu pilih Properties, Klik pada tab Device Manager. Klik tanda + pada sebelah CDROM, Klik 2 kali pada drive CD-ROM (biasanya terletak di sebelah CDROM). Klik tab Settings pada bagian atas. Periksa Check Box yang bertuliskan DMA. Ketika kalian berada pada modus tersebut cobalah juga untuk mengaktifkan opsi "Sync Data Transfer" juga. Sekarang Reboot komputer kalian, jika tidak berjalan dengan baik seperti yang kita harapkan maka kalian harus menonaktifkan opsi tersebut.

CD-ROM Cache
Kebanyakan orang lebih suka untuk mengatur cache CD-ROM dengan ukuran yang kecil, tetapi saya lebih suka mengaturnya dengan ukuran yang lebih tinggi. CD-ROM kalian mungkin telah memiliki cache yang besar, jadi periksalah dan pastikan hal tersebut. Untuk melakukan 'troubleshoot' pada beberapa games kalian harus merubah settingan tersebut ke kondisi semula.

Langkah-langkah untuk melakukan perubahan setting CD-ROM Cache:

Klik kanan pada My Computer pada desktop, lalu pilih Properties, Klik tab Performance. Klik tombol File System yang berada di bawah. Klik pada tab CD-ROM yang terletak di atas. Pastikan bahwa CD-ROM kalian di setting untuk Quad-speed or higher, jika tidak lakukan setting untuk hal tersebut. Cara tersebut akan memungkinkan kita untuk menentukan ukuran dari cache. Sekarang kita rubah ukuran dari cache itu sebesar mungkin, seharusnya sekitar 1238 KB.

Aplikasi/Software untuk Tweaking CD-ROM

CD Quick Cache( http://ourworld.compuserve.com/homepages/circuitsys/cdq95.htm)
CD-Quick Cache merupakan program yang baik utnuk melakukan optimasi cache pada CD-ROM. Pada awalnya saya juga meragukannya ;-) tetapi setelah mencobanya saya merasa kagum. Melakukan perubahan akan menjadi lebih mudah dan cepat dari sebelumnya karena program tersebut tinggal di dalam 'system tray'.

Apabila kalian tertarik cobalah program tersebut, lalu lakukan 'benchmark' supaya kalian dapat melihat hasilnya sebelum dan sesudah melakukan perubahan cache pada CD-ROM.

WinBoost 2001(http://www.magellas.com)
WinBoost 2001 dari Magellas ini juga menyertakan pengaturan untuk mengoptimasi CD-ROM. Pilihlah setting untuk "Optimize CD-ROM Speed", lalu aturlah besar dari ukuran cache, dan lalu pilihlah kecepatan yang sesuai dengan CD-ROM kalian. Hal ini akan meningkatkan kecepatan dari CD-ROM kalian secara dramatis.
Keterangan : Kalian hanya membutuhkan salah satu dari WinBoost atau CD-Quick Keterangan : Kalian hanya membutuhkan salah satu dari WinBoost atau CD-Quick Cache, karena jika menggunakan keduanya tidak akan memberikan hasil yang lebih baik.

Hal-hal lain yang perlu diperhatikan untuk Tweaking CD-ROM
Biasanya jika kalian memiliki komputer yang lebih lama, pastikan bahwa drive CD-ROM tidak menggunakan kanal IDE yang sama dengan harddisk. Membagi kanal IDE dapat menurunkan kecepatan CD-ROM dan akses harddisk secara dramatis. Pastikan juga drive tersebut dikonfigurasikan sebagai 'master' pada kanal IDE daripada sebagai 'slave'. Hal ini akan meningkatkan waktu akses dengan memungkinkan drive CD-ROM diakses dengan prioritas.

Juga gunakanlah pembersih lensa CD yang baik, karena hal ini juga akan meningkatkan kecepatan, sebab lensa yang kotor akan menurunkan waktu akses, seperti pembacaan pada media CD yang 'scratch'. Dan pada saat melakukan pembersihan lensa CD, bersihkanlah juga tray dari CD-ROM sehingga dapat memperpanjang umur dari CD-ROM kita.

Kesimpulan
Cara-cara tersebut diatas dapat meningkatkan kecepatan dari drive CD-ROM kita menjadi kecepatan penuh. Bagaimapun juga bermain-main pada kanal IDE dapat menyebabkan masalah yang tidak terduga, jadi jika kalian ingin mencobanya lebih baik kalian telah yakin dan mengerti terhadap apa yang kalian lakukan dan lebih penting lagi kalian harus tahu cara mengembalikannya ke dalam kondisi semula nila terjadi masalah. Selamat Mencoba !

0 komentar: